Skema dasar sistem komputer dan perangkat lunak

 Rangkuman materi pertemuan ke 2 

PERANGKAT KERAS (Hardware)

Hardware adalah komponen fisik komputer yang terdiri dari rangkaian elektronika dan peralatan mekanis lainnya. Abtraksi tingkat tinggi, sistem komputer terdiri dari 4 komponen yaitu : processor, memori utama, I/O Device, dan interkoneksi antar komponen.

I. PEMROSES/PROCESSOR

Pemroses merupakan jantung dari komputer, bisa juga disebut CPU, pemroses berfungsi mengendalikan oprasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data, melakukan operasi logic dan mengelola aliran data dengan membaca instruksi dari memori dan mengeksekusinya. Operasi-operasi dikomputer dapat dikatagorikan menjadi 3 tipe yaitu :

1. Operasi aritmatika (penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, div)

2. Operasi logika (operasi OR, AND, X-OR, inversi)

3. Operasi pengendalian (percabangan, looping, dsb)

Pemroses terdiri dari :

1. ALU (Aritmatic Logic Unit) untuk komputasi, berupa operasi-operasi aritmatika dan logika.

2. CU (Control Unit) untuk pengendalian operasi yang dilaksanakan sistem komputer.

3. Register-register (memori yang ada di processor), untuk membantu pelaksanaan sistem operasi yang dilakukan pemroses. Berfungsi sebagai memori sangat cepat. Register terdiri dari ,yaitu : Register yang terlihat pemakai, Register untuk kendali dan status

Contoh processor : Core i3, Core i5, Core i7

Processor akan diletakan disocket yang ada di motherboard komputer itu sendiri.

II. MEMORY

Memory adalah pusat kegiatan pada sebuah komputer, yang merupakan tempat menampung data dan kode instruksi program, karena setiap proses yang akan dijalankan harus melalui memori terlebih dahulu.

Jenis memory dalam komputer :

1. Main memory (memori utama) merupakan elemen yang penting dari suatu komputer sebagai penyangga data dan instruksi program unruk digunakan oleh prosessor. Antara processor dan memory saling bergantungan, processor memiliki kecepatan yang sangat cepat tetapi harus diimbangi dengan memory. Bertugas sebagai menampung pekerjaan sebelum dan sesudah pekerjaan itu dilaksanakan oelh processor.

Memory tercepat, Register. Memory terlambat, Magnetic Tape.

Berdasarkan pengksesannya, memory utama terbagi menjadi 2 yaitu :

-Memory utama untuk memori tetap (ROM)

ROM biasanya sudah diisi program maupun data dari pabrik dengan tujuan-tujuan khusus. Misalnya : interpreter, penterjemah dalam bahasa basic.

-Memory utama untuk memory bebas (RAM)

III. INPUT/OUTPUT DEVICE

Perangkat masukan/keluaran terdiri dari dua bagian yaitu :

1. komponen mekanik, yaitu perangkat itu sendiri.

2. komponen elektronik, pengendali perangkat berupa chip controller.

Contoh input device : keyboard, mouse, joystick, finger print.

Contoh output device : monitor, speaker, scanner, printer.

IV. INTERKONEKSI ANTAR KOMPONEN

Disebut galur/jalur (bus) yang terdapat pada mainboard, bus terdiri dari 3 macam :

1. bus alamat ( address bus ), satu arah. 16, 20, 24 jalur

2. bus data ( data bus ), dua arah. 8,16,32 jalur

3. buse kendali ( control bus ), dua arah. 4-10 jalur.

Sinyal bus kendali antara lain : memori read, memori write, I/O read, I/O Write.

 

PERANGKAT LUNAK (Software)

Merupakan komponen nonfisik berupa kumpulan program beserta struktur datanya. Prgam adalah sekumpulan instruksi yang disusun sedemikian rupa untuk dapat menyelesaikan masalah tertentu sesuai dengan kebutuhan.

I. SISTEM OPERASI

Merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain. Contohnya : DOS, UNIX, LINUX.

II. PROGRAM UTULITAS

merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer. Contoh produknya: Norton utilities, partition magic, windows defender.

III. PROGRAM APLIKASI

Merupakan yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contohnya : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur.

IV. PROGRAM PAKET

Merupakan program yag dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :

1. pengolah kata : wordstar, MS word, libra office, AmiPro

2. pengolah angka : lotus123, MS excel, quattroPro

3. presentasi : MS power point

4. desain grafis : corel draw, photoshop.

V. BAHASA PEMROGAMAN

Merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Dapat diklasifikasikan menjadi tingkat terendah, sedang dan tinggi. Semakin tinggi bahasa pemrogaman semakin dekat dengan “bahasa manusia”. Contohnya pascal, prolog java, basic.

Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C. bahasa pemrogaman juga memilki pertumbuhan generasi.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTER-VLAN ROUTING