Skema dasar sistem komputer dan perangkat lunak
Rangkuman materi pertemuan ke 2
PERANGKAT
KERAS (Hardware)
Hardware adalah
komponen fisik komputer yang terdiri dari rangkaian elektronika dan peralatan
mekanis lainnya. Abtraksi tingkat tinggi, sistem komputer terdiri dari 4
komponen yaitu : processor, memori utama, I/O Device, dan interkoneksi antar
komponen.
I. PEMROSES/PROCESSOR
Pemroses merupakan
jantung dari komputer, bisa juga disebut CPU, pemroses berfungsi mengendalikan
oprasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data, melakukan operasi logic
dan mengelola aliran data dengan membaca instruksi dari memori dan
mengeksekusinya. Operasi-operasi dikomputer dapat dikatagorikan menjadi 3 tipe
yaitu :
1. Operasi
aritmatika (penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, div)
2. Operasi
logika (operasi OR, AND, X-OR, inversi)
3. Operasi
pengendalian (percabangan, looping, dsb)
Pemroses terdiri
dari :
1. ALU (Aritmatic
Logic Unit) untuk komputasi, berupa operasi-operasi aritmatika dan logika.
2. CU (Control
Unit) untuk pengendalian operasi yang dilaksanakan sistem komputer.
3.
Register-register (memori yang ada di processor), untuk membantu pelaksanaan
sistem operasi yang dilakukan pemroses. Berfungsi sebagai memori sangat cepat. Register
terdiri dari ,yaitu : Register yang terlihat pemakai, Register untuk kendali
dan status
Contoh
processor : Core i3, Core i5, Core i7
Processor akan
diletakan disocket yang ada di motherboard komputer itu sendiri.
II. MEMORY
Memory adalah
pusat kegiatan pada sebuah komputer, yang merupakan tempat menampung data dan
kode instruksi program, karena setiap proses yang akan dijalankan harus melalui
memori terlebih dahulu.
Jenis memory
dalam komputer :
1. Main
memory (memori utama) merupakan elemen yang penting dari suatu komputer sebagai
penyangga data dan instruksi program unruk digunakan oleh prosessor. Antara processor
dan memory saling bergantungan, processor memiliki kecepatan yang sangat cepat
tetapi harus diimbangi dengan memory. Bertugas sebagai menampung pekerjaan
sebelum dan sesudah pekerjaan itu dilaksanakan oelh processor.
Memory tercepat,
Register. Memory terlambat, Magnetic Tape.
Berdasarkan pengksesannya,
memory utama terbagi menjadi 2 yaitu :
-Memory utama
untuk memori tetap (ROM)
ROM biasanya
sudah diisi program maupun data dari pabrik dengan tujuan-tujuan khusus. Misalnya
: interpreter, penterjemah dalam bahasa basic.
-Memory
utama untuk memory bebas (RAM)
III. INPUT/OUTPUT
DEVICE
Perangkat
masukan/keluaran terdiri dari dua bagian yaitu :
1. komponen
mekanik, yaitu perangkat itu sendiri.
2. komponen
elektronik, pengendali perangkat berupa chip controller.
Contoh input
device : keyboard, mouse, joystick, finger print.
Contoh output
device : monitor, speaker, scanner, printer.
IV.
INTERKONEKSI ANTAR KOMPONEN
Disebut
galur/jalur (bus) yang terdapat pada mainboard, bus terdiri dari 3 macam :
1. bus
alamat ( address bus ), satu arah. 16, 20, 24 jalur
2. bus data
( data bus ), dua arah. 8,16,32 jalur
3. buse
kendali ( control bus ), dua arah. 4-10 jalur.
Sinyal bus
kendali antara lain : memori read, memori write, I/O read, I/O Write.
PERANGKAT
LUNAK (Software)
Merupakan
komponen nonfisik berupa kumpulan program beserta struktur datanya. Prgam adalah
sekumpulan instruksi yang disusun sedemikian rupa untuk dapat menyelesaikan
masalah tertentu sesuai dengan kebutuhan.
I. SISTEM
OPERASI
Merupakan
perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan
perangkat lunak lain. Contohnya : DOS, UNIX, LINUX.
II. PROGRAM
UTULITAS
merupakan
program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer. Contoh produknya:
Norton utilities, partition magic, windows defender.
III. PROGRAM
APLIKASI
Merupakan
yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contohnya : aplikasi
akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur.
IV. PROGRAM
PAKET
Merupakan
program yag dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
1. pengolah
kata : wordstar, MS word, libra office, AmiPro
2. pengolah
angka : lotus123, MS excel, quattroPro
3.
presentasi : MS power point
4. desain
grafis : corel draw, photoshop.
V. BAHASA
PEMROGAMAN
Merupakan
perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Dapat diklasifikasikan
menjadi tingkat terendah, sedang dan tinggi. Semakin tinggi bahasa pemrogaman
semakin dekat dengan “bahasa manusia”. Contohnya pascal, prolog java, basic.
Contoh bahasa
tingkat menengah : bahasa C. bahasa pemrogaman juga memilki pertumbuhan
generasi.
Komentar
Posting Komentar