Proses dan Penjadwalan Proses

 

Rangkuman materi pertemuan 4

PROSES DAN PENJADWALAN PROSES

·         Konsep dasar penjadwalan

Sistem operasi modern umumnya merupakan sistem multitasking karena bisa menjalankan perintah sekaligus baik sistem operasi yang di gunakan di pc, laptop, hp, dan sejenisnya. Tujuannya ialah untuk mempunyai proses berjalan secara bersamaan, untuk memaksimalkan kinerja CPU.

·         Penjadwalan proses

Merupakan kumpulan kebijaksanaan dan mekanisme di sistrm operasi yang berkaitan dengan urutan kerja yang dilakukan sistem komputer. Yang bertugas memutuskan proses harus berjalan, kapan dan berapa lama proses itu berjalan. Tujuannya ialah :

1.      Semua pekerjaan memperoleh pelayanan yang adil

2.      Supaya pemakaian processor dapat dimaksimalkan.

3.      Supaya waktu tanggap dapat diminimumkan, berupa waktu tanggap nyata maupun maya.

4.      Supaya pemakaian sumber daya seimbang

5.      Waktu sejak program masuk ke sistem sampai proses selesai.

6.      Efesien, program tetap dalam keadaan sibuk tidak menganggur.

7.      Supaya terobosan dpat di maksimumkan

·         Tipe-tipe penjadwalan

1.      Penjadwalan jangka pendek

Bertugas menjadwalkan alokasi pemroses di antara proses-proses ready di memory utama. Dijalankan setiap terjadi pengalihan proses untuk memilih proses berikutnya yang harus dijalankan dari banyaknya antrian proses yang ada mana yang akan di kedepankan.

2.      Penjadwalan jangka menengah

Jika ruang memori utama tidak cukup menampung proses, sistem operasi akan melakukan swapping yaitu, memindahkan image process ke memori sekunder seperti disk. Umumnya yang dikorbankan adalah proses yang berstatus blocked atau menunggu event, jika event sudah selesai, image process harus dikembalikan ke memori utama

3.      Penjadwalan jangka panjang

Bekerja pada antrian batch dan memiliki batch berikutnya yang harus dieksekusi. Batch biasanya adalah proses-proses dengan penggunaan sumber daya yang intensif.

·         Istilah penjadwalan proses

1.      Antrian, yaitu sejumlah proses yang menunggu menggunakan processor dan akan diproses sesuai dengan urutan antrian proses.

2.      Prioritas, mendahului anrian proses, jika proses berada dibagian belakang maka dengan pemberian prioritas, proses itu langsung berada dibagian paling depan pada antrian itu sambil menunggu sampai kerja prosesor selesai.

3.      Prempsi, mendahului pada antrian proses, jika proses berada dibagian belakang maka dengan prempsi, proses itu langsung berada di paling depan pada antrian itu bahkan akan memberhentikan kerja prosesor untuk mengerjakan proses prempsi tersebut.

·         Perhitungan pada cara kerja prossesor

1.      Lama proses (t) lama waktu yang diperlukan proses itu dalam prosesor.

2.      Lama tanggap (T) waktu proses sejak dimulai sampai selesai diolah oleh prosesor. Terdapat 2 macam tanggap yaitu, turn around time dan respone time.

·         Teknik penjadwalan prosessor

1.      Kategori penjadwalan prosessor

·         Tanpa prioritas tanpa prempsi

·         Dengan prioritas tanpa prempsi

·         Tanpa prioritas dengan prempsi

·         Dengan prioritas dengan prempsi

2.      Teknik penjadwalan prosessor

·         Penjadwalan satu tingkat dan multi tingkat

 

 

 

ALOGARITMA PENJADWALAN PROSES

1.      Alogaritma First Come First Served (FCFS)/First In First Out (FIFO)

Merupakan alogaritma penjadwalan CPU yang paling sederhana dan proses yang tiba lebih dahulu akan dilayani lebib dahulu. Jika ada proses dalam waktu yang sama,  maka pelayanan mereka dilaksanakan bedasarkan urutan dalam antrian dan proses diantrian belakang harus menunggu sampai semua proses didepannya selesai. FIFO jarang digunakan secara tersendiri tetapi dikombinasiakan dengan alogaritma yang lain karena :

-          Timbul masalah “waiting time”.

-          Job yang pendek harus menunggu job yang panjang

-          Job yang penting harus menunggu job yang kurang penting

Contoh : misal ada 3 proses P1, P2, P3 yang datang dengan CPU waiting time masing-masing sebagai berikut : 

·         Proses        Waiting time

·         P1              24

·         P2              3

·         P3              3

·         Jika proses datang berurutan P1, P2, P3 dan dilayani dengan alogaritma FIFO, maka dapat digambarkan gantt chartnya : 


 

P1                                 P2                    P3

0                                   24                27              30

Waktu tunggu untuk P1 adalah 0 milidetik, waktu tunggu P2 adalah 24 milidetik, waktu tunggu P3 adalah 27 milidetik. Jadi rata-rata waktu tunggu adalah 0+24+27/3 = 17 milidetik.


2.      Alogaritma Shortest Job First, adalah pendeknya proses makin pendek prosesnya makin tinggi prioritasnya. Setiap proses yang ada dalam ready queue akan dieksekusi berdasarkan burst time terkecil, hal ini mengakibatkan waiting time yang pendek untuk setiap proses.

Contoh :  Nama Proses         Waktu Tiba            Lama Eksekusi

                         A                         0                                10

                         B                         0                                5

                         C                         0                                7

                         D                         0                                1

                         E                         0                                 3

=


3. Alogaritma Penjadwalan Proses Terpendek Dipertamakan Prempsi (PTDP)

    prioritas berdasarkan pendeknya sisa proses, menghitung lama sisa proses dari semua proses yang ada jika proses dengan sisa proses yang lebih sedikit maka prempsi proses yang dikerjakan akan dikeluarkan dari prosessor. 

contoh :



4. Alogaritma Penjadwalan Ratio Pinalti Tertinggi Dipertamakan (RPTD) 

  Prioritas berdasarkan besarnya nilai ratio pinalti

Rumus ratio pinalti = Rp = ( s + t ) / t

s = waktu sia-sia (Saat selesai – Saat tiba)

t = lama proses

Tetap mendahulukan proses terpendek, namun prioritas proses panjang akan turut meningkat melalui peningkatan ratio pinaltinya.  

contoh : 



penjelasan : Pada saat 0  hanya ada A, A diolah 

Pada saat 4 : A rampung, B, C, D, E telah tiba 

Perhitungan rasio penalti 

Proses       Tiba selama                   Rasio penalti 

B                4 − 1 = 3                        (3 + 2)/2 = 2,5 

C                4 − 2 = 2                       (2 + 5)/5 = 1,2 

D               4 − 3 = 1                        (1 + 8)/8 = 1,125 

E               4 − 4 = 0                        (0 + 4)/4 = 1 

Rasio penalti tertinggi pada B, B diolah.


5. Alogaritma Penjadwalan Putar Gelang (Roun Robin/Time Slice)

   Kuantum waktu , waktu yang digunakan oleh prosesor untuk melayani setiap proses. Prosesor akan melayani setiap proses berdasarkan antrian. Prosesor akan melayani sesuai dengan Kuantum waktu yang sudah ditentukan. 

contoh : 

Jika diketahui waktu tiba proses sama yaitu 0, dengan Quantum (Q) = 2. Hitunglah waktu Turn Arround (TA) untuk tiap-tiap proses, Total TA dan Rata-rata TA-nya?!





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTER-VLAN ROUTING